Kamis, 12 Januari 2012

Hijau



Dengan pesatnya perkembangan pembangunan yang ada di dunia maka lahan yang harusnya berfungsi sebagai penangkal bencana seperti Banjir dan Pemanasan Global pun menjadi berkurang, Oleh sebab itu para arsitek Dunia mulai berfikir untuk mengembangan suatu konsep yang di sebut “Green Arsitektur.”

“Green Arsitektur” adalah sebuah konsep arsitektur yang berusaha meminimalkan pengaruh buruk terhadap lingkungan alam maupun manusia dan menghasilkan tempat hidup yang lebih baik dan lebih sehat, yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber energi dan sumber daya alam secara efisien dan optimal.



Sebuah “Green Building” yang berhasil  salah satunya adalah Perpustakaan Nasional di Singapore, yang menggunaan teknik2 kinerja konsumsi yang rendah. Lebih jauh, bahwa hasil study mengenai manfaat “bangunan hijau” diantaranya adanya meningkatan penjualan sebanyak 40%, produktivitas pekerja dapat dikembangkan sebesar 15% dan peningkatan pengawasan terhadap suhu keseluruhan dan juga pengawasan terhadap sumber penyakit dimana dapat membasmi asma dan sumber alergi penghuni sampai 60%. Sehingga penelitian ini mendukung “Green Building” merupakan ide yang sangat baik untuk dunia.
( elibrary.bsa.ac.id )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar